Breaking News
Loading...
Thursday, November 22, 2012

Info Post

Akhirnyaaaa..
Punya waktu juga buat nulis lagi hehehe



Dan semua beban pun telah hilang ditelan bumi :D. Karena Laporan Kerja Praktek kemarin yang dikasih waktu cuma 17 hari dan itu pun belum dipotong libur 2 hari dan 2x hari minggu jadi waktu efektif Cuma 13 hari gitu. Namun berkat kerja keras banting tulang, pulang malam, makan tak kenyang, tidur tak nyenyak lebih complicated dari diputusin pacar deh~. Pokoknya kepikiran terus karena emang itu laporan mendadak bangettsss. Entah apa yang ada dipikiran para petinggi dikampus kok tega bangettsss ngasih kabar ngumpul laporan yang mendadak nan terdesak K . Tapi apa mau dikata..

Kita ini mahasiswa meennn.. Apa sih yang gak bisa dilakukan oleh seonggok mahasiswa seperti kita-kita~.

Rintangan pun silih berganti datang mulai dari faktor external maupun internal serta faktor-faktor deviasi dan koefisien korelasi yang seiring mengikuti kemana pun dan dimana pun sehingga membuat bingung apa yang dimaksud dalam tulisan ini :D. Dan berawal saat menghadap dosen pembimbing untuk pertama sekalinya. Awalnya sih dulu pernah ketemu mau ngomongin soal semua data-data yang kami dapatkan setelah menyelesaikan Praktek Kerja Lapangan. Saya masih ingat sekali itu sekitar 1 minggu setelah awal masuk kuliah semester 5. Saat itu Dosen Pembimbing saya lagi sibuk dan disuruh laporan besok lagi. Namun semua berubah setelah Negara api menyerang, namanya mahasiswa tingkat kemalasan dan godaan dari sisi kiri & kanan serta serangan dari sayap kiri yang mematikan menghilangkan niat untuk menghadap kembali menemui Dosen Pembimbing tertjinta~.

Hari demi hari berlalu begitu saja, jam demi jam hilang begitu saja, menit demi menit terbuang begitu saja, detik demi detik entah kemana perginya seakan pergi begitu saja tanpa meninggalkan bekas. Dan yang sangat nyelekit sekali, belum sama sekali ngelapor sama Dosen Pembimbing udah liburan keluar negeri dulu sama Dosen Pembimbing :D. Lumayan deh liburan ke Malaysia dan Singapore menghilangkan kepenatan setelah Praktek Kerja Lapangan selama sebulan. Lalu kemungkinan Dosen Pembimbing juga pasti lagi suntuk banget tuh ngerjai proyek gedung baru di bangunan teknik sipil :D.

Tidak terasa tepat sudah sebulan setelah kepergian keluar negeri tersebut, Libur Idul Adha pun kembali datang dan ternyata liburnya 4 hari wooooo. Itu sungguh mukjizat tersendiri bagi para mahasiswa karena jarang banget loh kampus saya libur panjang.

Namun setelah masuk dari Libur Idul Adha itulah semua berubah dan kabar yang membuat hati ini menjadi hancur berkeping-keping K. Surat keputusan dari Kepala Jurusan memberitahukan bahwa Laporan Kerja Praktek dan Laporan Kunjungan Kerja Lapangan dikumpul pada tanggal 17 November 2012 pukul 17.00. Sungguh itu berita yang sangat mengejutkan bagi seluruh pihak-pihak yang merasa dirugikan -_-. Bagaimana tidak hampir dari 3 kelas untuk mahasiswa Non Reguler kemungkinan baru dibawah 10% yang mulai menggarap Laporan tersebut. Sisanya masih berleha-leha menikmati indahnya jadi mahasiswa tingkat akhir~.

Setelah mendapat kabar seperti itu, berselang waktu 2 hari langsung menemui Dosen Pembimbing dan yang sangat menyenangkan itu pak dosen sangat open bangetss dan saya mendapat sedikit wejangan :D. Hari demi hari berlanjut sambil membuat laporan yang dikejar deadline sambil kuliah yang semakin hari semakin ditambah dengan beberapa tugas bahkan ada UTS.

Seiring waktu berjalan muncul berbagai kendala dan dengan keyakinan penuh kita bisa menghancurkan pertahanan musuh, BAB per BAB pun satu persatu telah kalah dalam pertarungan yang sengit dan tiba saatnya sampai pada BAB pamungkas yaitu PEMBAHASAN. Dalam BAB IV yaitu PEMBAHASAN awalnya masih santai dan belum ada kendala yang bearti namun seiring dengan pengumpulan data-data dalam pembuatan PEMBAHASAN muncul berbagai keanehan yang membuat bulu kuduk merinding K. Sebuah sosok yang tanpa kasat mata telah muncul dalam BAB IV yaitu data Lapangan Pengujian Pemadatan Tanah dengan SAND CONE TEST enggak adaaaa *gaya ngomong fitrop* K. Padahal inti pembahasan yang akan dibahas dalam laporan adalah tingkat kepadatan dalam pelaksanaan harus dibandingkan dengan tingkat kepadatan yang telah direncanakan sebelumnya. Namun untuk mengetahui tingkat kepadatan tersebut dibutuhkan 2 buah data hasil pengujian SAND CONE TEST Lapangan dan Laboratorium sedangkan saat itu kami hanya mempunyai data SAND CONE TEST Laboratorium. Awalnya sih kami minta kepada Pembimbing kami di Lapangan yang berasal dari Dinas Pekerjaan Umum untuk meminta data hasil pengujian SAND CONE TEST dilapangan saat kami melakukan kerja praktek. Namun saat itu pembimbing di lapangan memberikan hasil dari laboratorium, sedangkan hasil pengujian lapangan tidak ada.

Dosen pembimbing saya pun menjelaskan tentang pengujian SAND CONE TEST Lapangan, tapi saya hanya meng”iya”kan saja. Karena saya sendiri tidak belajar pengujian SAND CONE TEST saat Uji Laboratorium Tanah dikarenakan pada saat itu Grup saya sewaktu di laboratorium tidak melakukan test tersebut karena waktu itu libur 4 hari dikarenakan suatu hal (lupa karena apa yaaaa -__-). Dengan memasang tampang TROLLL FACE dengan Dosen Pembimbing lalu hanya menjawab iya iya iya terus seakan paham betul dengan pengujian tersebut. Lalu Dosen Pembimbing pun dengan pedenya pasti ngomong lanjutkan sampai dapat hasil pengujian tersebut dan Dosen Pembimbing pun menjelaskan dari mana data-data tersebut harus dicari. Kemudian dengan sedikit pemikiran yang sangat jauh mungkin bisa mengalahkan para mentalis yang pikirannya terlampau jauh diujung dunia -_--“. Akhirnya didapatkan nilai hasil pengujian, dan waktu pengumpulan pun tiba.

Saat-saat genting seperti ini, saat semua laporan sudah siap untuk dikumpul dan sudah rapi. Lalu saya SMS Dosen Pembimbing untuk mengassistensi yang terakhir dan meminta Surat Rekomendasi untuk mengikuti Seminar Kerja Praktek. Tiba-tiba dapet balasan SMS yang sangat-sangat membuat semuanya sirna begitu saja saat membaca balasan tersebut. Ternyata Dosen Pembimbing sakit saat itu dan dia pun tidak bisa pergi kekampus L(((((((. Dengan perasaan galau yang campur aduk, saya pun bertanya kebeberapa teman bagaimana tentang nasib saya. Dan teman saya pun menyarankan untuk memberitahu Dosen Pembimbing bahwa hari ini pengumpulan laporan terkahir. Lalu saya meminta teman saya cewek dan emang itu teman paling okesip deh. Saya selalu minta bantuan dia bagaiman SMS yang baik dan benar kepada Dosen Pembimbing J. Lalu saya diberikan sebuah SMS dari dia dan SUMPAH SERIUS isi SMSnya keren bangetssss. Saya pun kalau jadi Dosen pasti seneng dikasih SMS seperti itu. Tanpa pikir panjang dan hanya mengedit sedikit forward SMS dari temen tadi langsung di sent ke Dosen Pembimbing :D.

Sambil berharap-harap cemas menunggu balasan SMS dari Dosen Pembimbing, ternyata lebih cemas nunggu SMS dari Dosen Pembimbing daripada gebetan~. Akhirnya SMS pun dibalas dan Dosen Pembimbing memberitahukan bahwa kalau dia sudah agak sehat akan segera kekampus pukul 15.00. Saya pun berpikir masih sempat masih ada 2 jam lagi untuk memperbaiki dan menyusun beberapa lampiran tambahan yang belum dimasukkan.

Jam berganti jam begitu saja, saya masih menunggu didepan pintu ruang Dosen Pembimbing biasa datang, Namun tak kunjung datang juga bagai pungguk merindukan bulan L((. Jam 15.00 pun telah tiba dan Dosen Pembimbing pun tak kunjung datang. Lalu HP saya mendapat SMS upps bukan dari gebetan tapi dari Dosen Pembimbing yang menyuruh untuk datang kerumahnya agar bisa menyelesaikan semua permasalahan dan surat rekomendasi.

Dengan secepat kilat bahkan bisa mengalahkan kecepatan FLASH, dengan penuh kepercayaan diri mencari rumahnya dan bertanya disebuah warung, ternyata ibu warung tersebut memberitahukan bahwa rumah yang saya cari ternyata sudah didepan saya :D.

Lalu saya memanggil dan Dosen Pembimbing pun telah menunggu diruang kerjanya, dengan keadaan tubuh yang sedikit lemas dia menghampir dan menanyakan serta melihat laporan. Ternyata ada sedikit kesalah pada BAB IV PENUTUP yaitu pada bagian saran. Lalu saya sudah mencatat semua apa yang dikatakan, dan langsung memberikan surat rekomendasi seminar. Tadaaaa~ akhirnya ditanda tanganin juga itu surat, lalu secara resmi laporan sudah bisa dikumpul kalau sudah dapat itu surat. Lalu saya bergegas berkemas dan tidak lupa bersalaman dengan Dosen Pembimbing dan mengucapkan sedikit kata-kata yang masih jelas teringat dipikiran saya “Semoga Cepat Sembuh Pak”. Dengan sebuah kata tersebut saya pergi meninggalkan rumah beliau dan bergegas memcopy surat-surat lampiran.

Sesampai dikampus menunjukkan pukul 16.45, saya pun bergegas memasukkan berbagai lampiran yang belum lengkap kedalam 3 rangkap laporan yang akan dikumpul. Terlihat jelas didepan pintu pengumpulan seorang wasit pembantu telah memberikan tanda bahwa tambahan waktu 5 menit *dikira main bola* =)). Setelah semua sudah siap dan dikumpul diminta TTD bhwa sdh mengumpulkan. Aaaaaaaa~ akhirnya laporan yang dikerjakan dengan segenap hati dan jiwa raga cinta tanah air selesai juga. Rasanya seperti terbang melewati awan dengan naik lumba-lumba terbang lalu melambung tinggi keluar angkasa menggapai bintang kyaaa~.

Namun semunya belum berakhir, masih ada satu perjuangan lagi yaitu Seminar Laporan Kerja Praktek tersebut yang sampai saat ini belum diketahui kapan tanggal pasti untuk hal tersebut. Mengingat banyaknya jurusan lain yang belum mengumpulkan maka menurut kabar dari beberapa dosen lainnya itu Seminar biasanya dilakukan bersama sedangkan saat ini beberapa jurusan lain masih banyak yang belum selesai jadi kemungkinan akan ditunda terlebih dahulu sampai batas waktu yang belum ditentukan. 

Setidaknya sekarang masih ada waktu untuk berleha-leha menikmati masa-masa menjadi mahasiswa akhir~
#HidupMahasiswa#HidupMahasiswa#HidupMahasiswa
#FuckYeahMahasiswa

“Kita sebagai mahasiswa harus bangga terhadap apa yang kita pegang dan apa yang kita akan raih maka jadilah seorang mahasiswa yang benar-benar mahasiswa sesungguhnya”

0 komentar:

Post a Comment