Breaking News
Loading...
Sunday, September 23, 2012

Info Post
Saat iseng-iseng browsing di Kaskus ngeliat HT bikin insting KEPO keluar nih buahahah. Kenapa tidak dari judulnya sudah menggambarkan beberapa pertanyaan yang muncul di kepala saya. Tidak usah panjang lebar, ini langsung saja saya kasih salah satu HT di Kaskus malam ini



Ada yang 'mengerikan' di balik sukses Spanyol--termasuk Barcelona--menjuarai banyak kompetisi dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini terkait dengan pertumbuhan finansial La Liga yang diprediksi kolaps lima tahun lagi.
Adalah Jose Maria Gay de Liebana, seorang ekonom asal Spanyol, yang memprediksi hal tersebut, dalam sebuah laporan keuangan mengenai perkembangan finansial dalam sepakbola di negaranya dan Eropa.
Liebana, yang juga merupakan seorang profesor ekonomi terkemuka dari Universidad de Barcelona itu, menyebut hanya Real Madrid dan Barcelona yang dapat dikategorikan sebagai klub 'sehat' (secara ekonomi) dibanding klub La Liga lainnya.
"La Liga tidak sedang mengalami kemajuan, hanya Barca dan Madrid yang kondisi finansialnya menjanjikan. Klub lain sama seperti lima tahun lalu," ujarnya di Football Espana. Apa yang diprediksi bukan tak mungkin menjadi kenyataan.
Dalam data laporan keuangan tahun 2010-11 yang dibuat Liebana, akumulasi pendapatan klub-klub Spanyol adalah 1.669 miliar euro, sementara pengeluaran mencapai 1.830 miliar euro.
Dengan kata lain, meski jumlah pemasukan masing-masing klub mengalami pertambahan, namun jumlahnya tidak sebanding dengan total pengeluaran yang juga mengalami lonjakan. "Sepakbola Spanyol akan kolaps.
Kondisi stadion menjadi penyebabnya. Kondisi stadion tak memiliki daya tarik bagi para suporter. Setahun lalu saya memprediksi La Liga hanya tersisa 10 musim lagi, sekarang kemungkinan tinggal lima musim."
Dilanjutkan Liebana, salah satu solusi untuk menghindarkan 'bencana' tersebut adalah dengan mengubah sistem hak siar yang ada sekarang. Pendistribusian uang dari hasil penjualan hak siar disebutnya bisa membantu mengubah kondisi keuangan klub.
Source : http://sport.detik..com/sepakbola/read/2012/09/22/062855/2030491/75/lima-tahun-lagi-la-liga-diprediksi-bubar?b99220270


 Setelah membaca beberapa saat saya pun tidak terlalu terkejut. Sejujurnya saya penggila La Liga dari jaman SMP sampai sekarang karena Club favorit saya sih Barcelona hehe. Jadi setidknya mengikuti sedikit-sedikit lah tentang perkembangan-perkembangan yang terjadi di La Liga. Dan kali ini pun saya sedikit tertarik untuk membahas yang satu ini. Memang sih Spanyol saat ini sudah menjadi Negara yang tidak dapat dipandang sebelah mata lagi dalam hal sepak bola. Tidak hanya itu Spanyol pun telah membuktikan bahwa saat ini merekalah yang paling berjaya di muka bumi ini dalam Sepak Bola. Tapi dibalik semua Euphoria tersebut tersimpan berbagai masalah yang terjadi dalam liga lokal mereka yaitu La Liga. Seperti yang dipaparkan oleh artikel diatas para ekonom memprediksi La Liga akan bubar dalam Lima Tahun mendatang.

Yang membuat saya heran gak ada kerjaan lagi yaa itu ekonom sampai La Liga dibawa-bawa ke masalah ekonomi seperti ini =)). Tapi memang benar sih maksudnya sekarang telah terjadi masalah ekonomi yang melanda negara-negara eropa mungkin ini salah satu faktor yang mempengaruhi keuangan berbagai negara di Eropa itu sendiri. Bahkan tidak hanya itu, ada masalah yang sangat serius lagi tentang pembatasan hak siar. Entah kenapa hak siar hanya dapat dinikmati oleh Barcelona Maupun Madrid. Mungkin karena 2 club ini maskot La Liga, bagaimana tidak memang benar sih seperti La Liga hanya milik mereka berdua. Karena hampir setiap orang beranggapan seperti itu, entah mengapa semua pun hampir bisa dbilang setuju karena cuma pertandingan mereka berdua yang paling seru di La Liga. Jika dibandingkan EPL yang banyak sekali BIG MATCH, La Liga tidak sebanding mereka cuma menyajikan 2 pertadingan BIG MATCH permusim yaitu Barca VS Madrid dan Madrid VS Barca. Jadi bisa dianggap La Liga hanya menghadirkan 2 pertandingan permusim =)).

Semua ini seperti permainana Monopoli 2 pihak tersebut :D. Andaikan para jutawan besar seperti Pemilik Chelsea dan ManCity mau masuk ke dalam La Liga dan menjadikan tim-tim menengah menjadi tim SuperStar untuk menandingin 2 Raksasa tersebut, mungkin La Liga akan semeriah EPL saat ini yang hampir semua tim di EPL sudah bisa dianggap sebanding dengan para Raksasa-raksasa terdahulunya. Tapi jika tetap dibiarkan begini mungkin kejadian yang seperti dibayangkan oleh para Ekonom mungkin akan terjadi. Paling kemungkinanan besar Barca dan Madrid akan hijrah ke EPL atau Serie-A hahaha

0 komentar:

Post a Comment